Perbedaan Fewer dan Less

Pembuka

Ketika belajar bahasa Inggris, sering kali kita bingung membedakan penggunaan kata fewer dan less. Kedua kata ini terlihat mirip dan memiliki arti yang serupa, namun sebenarnya terdapat perbedaan penting antara keduanya. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara detail tentang perbedaan fewer dan less, serta contoh penggunaannya dalam kalimat. Mari kita mulai dengan memahami arti dari kedua kata tersebut.

Pendahuluan

Fewer dan less adalah kata-kata yang digunakan untuk menyatakan adanya jumlah yang lebih sedikit atau lebih rendah dari apa yang diharapkan atau dibandingkan. Meskipun keduanya dapat digunakan untuk mengekspresikan hal yang sama, penggunaan yang tepat akan mempengaruhi makna dan kejelasan kalimat. Perbedaan utama antara fewer dan less terletak pada bagaimana keduanya digunakan dalam kalimat. Mari kita jelajahi masing-masingnya dengan lebih rinci.

Fewer

Fewer digunakan ketika merujuk pada benda yang dapat dihitung secara terpisah atau jumlah yang dapat dihitung secara pasti. Kata ini digunakan dengan kata benda jamak yang dapat dihitung, seperti “books” (buku), “students” (mahasiswa), atau “apples” (apel). Fewer menunjukkan adanya pembatasan jumlah yang lebih rendah atau lebih sedikit dalam suatu konteks. Contohnya:

There are fewer apples on the tree this year compared to last year.

She has fewer books on her shelf than before.

We had fewer students in the class today.

Dalam contoh-contoh di atas, fewer digunakan karena apel, buku, dan mahasiswa dapat dihitung secara terpisah dan memiliki jumlah yang lebih rendah.

Less

Sementara fewer digunakan untuk benda yang dapat dihitung, less digunakan untuk benda yang tidak dapat dihitung atau jumlah yang tidak dapat dipisahkan secara terpisah. Kata ini digunakan untuk kata benda tunggal atau massa, seperti “water” (air), “time” (waktu), atau “money” (uang). Less menunjukkan adanya perubahan yang lebih rendah atau lebih sedikit dalam suatu konteks. Contohnya:

He has less money in his wallet than yesterday.

We need to use less water to conserve resources.

She spends less time on social media now.

Dalam contoh-contoh di atas, less digunakan karena uang, air, dan waktu tidak dapat dihitung secara terpisah dan memiliki jumlah yang lebih rendah.

Kelebihan dan Kekurangan Perbedaan Fewer dan Less

Kelebihan Penggunaan Fewer

1. Kepastian Jumlah – Dengan menggunakan fewer, kita dapat dengan jelas menyatakan jumlah yang lebih sedikit atau lebih rendah.

2. Klaritas Kalimat – Penggunaan fewer dapat membuat kalimat menjadi lebih jelas dan terstruktur, terutama ketika merujuk pada benda yang dapat dihitung secara terpisah.

3. Emphasis pada Jumlah – Fewer dapat digunakan untuk menekankan jumlah yang lebih sedikit atau lebih rendah, memperkuat pernyataan yang dibuat.

4. Konteks yang Jelas – Dengan menggunakan fewer, kita dapat memberikan konteks yang lebih jelas mengenai jumlah yang terlibat dalam kalimat.

5. Lebih Formal – Fewer digunakan secara umum dalam bahasa tulis yang lebih formal dan resmi, memberikan kesan yang lebih serius.

6. Tepat dalam Banyak Kasus – Dalam banyak kasus, penggunaan fewer adalah pilihan yang tepat untuk memastikan pengertian yang benar dan akurat.

7. Lebih Spesifik – Dengan fewer, kita dapat secara spesifik menyatakan jumlah yang lebih rendah atau lebih sedikit, meningkatkan kejelasan komunikasi.

Kekurangan Penggunaan Fewer

1. Terbatas pada Benda yang Dapat Dihitung – Penggunaan fewer terbatas pada konteks yang melibatkan benda yang dapat dihitung secara terpisah, tidak dapat digunakan untuk kata benda tunggal atau massa.

2. Tidak Cocok untuk Perbandingan – Fewer tidak cocok untuk menyatakan perbandingan antara dua hal atau jumlah, penggunaan less lebih umum dalam konteks ini.

3. Terkesan Formal – Penggunaan fewer dalam bahasa sehari-hari dapat terasa terlalu formal dan kaku.

4. Tidak Sesuai untuk Konteks yang Tidak Akurat – Dalam beberapa kasus, fewer mungkin tidak cocok jika jumlah yang terlibat tidak memiliki akurasi yang tinggi.

5. Perbedaan yang Subtil – Perbedaan antara fewer dan less kadang-kadang bersifat subtil, membutuhkan pemahaman yang mendalam untuk menggunakan keduanya dengan benar.

6. Terbatas pada Jumlah yang Terbatas – Fewer digunakan untuk menyatakan jumlah yang lebih rendah atau lebih sedikit, sehingga tidak cocok untuk kalimat yang menekankan jumlah yang besar atau tak terbatas.

7. Penggunaan yang Terbatas dalam Pengajaran Bahasa Inggris – Penggunaan fewer tidak sering diajarkan dalam pengajaran bahasa Inggris, sehingga mungkin kurang umum dalam praktiknya.

Tabel Perbedaan Fewer dan Less

Kata Penggunaan Contoh Kalimat
Fewer Mengacu pada benda yang dapat dihitung secara terpisah atau jumlah yang dapat dihitung secara pasti. There are fewer apples on the tree this year compared to last year.
Less Mengacu pada benda yang tidak dapat dihitung atau jumlah yang tidak dapat dipisahkan secara terpisah. He has less money in his wallet than yesterday.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa perbedaan antara fewer dan less?

Perbedaan antara fewer dan less terletak pada penggunaannya dalam kalimat. Fewer digunakan untuk benda yang dapat dihitung secara terpisah, sedangkan less digunakan untuk benda yang tidak dapat dihitung atau jumlah yang tidak dapat dipisahkan secara terpisah.

2. Kapan sebaiknya saya menggunakan fewer?

Anda sebaiknya menggunakan fewer ketika merujuk pada benda yang dapat dihitung secara terpisah atau jumlah yang dapat dihitung secara pasti. Ini akan membuat kalimat menjadi lebih jelas dan terstruktur.

3. Kapan sebaiknya saya menggunakan less?

Anda sebaiknya menggunakan less ketika merujuk pada benda yang tidak dapat dihitung atau jumlah yang tidak dapat dipisahkan secara terpisah. Less juga cocok untuk menyatakan perbandingan antara dua hal atau jumlah.

4. Apakah fewer lebih formal daripada less?

Iya, fewer cenderung lebih formal daripada less. Penggunaan fewer umumnya ditemukan dalam bahasa tulis yang lebih formal dan resmi.

5. Apakah fewer dapat digunakan untuk jumlah yang besar?

Tidak, fewer digunakan untuk menyatakan jumlah yang lebih rendah atau lebih sedikit. Jika jumlahnya besar atau tak terbatas, lebih tepat menggunakan less.

6. Bagaimana jika saya salah menggunakan fewer atau less dalam kalimat?

Jika salah menggunakan fewer atau less dalam kalimat, hal itu dapat mempengaruhi makna dan kejelasan kalimat. Disarankan untuk memahami perbedaan mereka dengan baik dan menggunakan keduanya dengan tepat sesuai konteks.

7. Apakah fewer sering diajarkan dalam pengajaran bahasa Inggris?

Tidak, fewer tidak sering diajarkan dalam pengajaran bahasa Inggris. Penggunaannya lebih umum dalam bahasa tulis formal dan jarang ditemui dalam praktik sehari-hari.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas perbedaan fewer dan less dalam bahasa Inggris. Fewer digunakan untuk benda yang dapat dihitung secara terpisah, sementara less digunakan untuk benda yang tidak dapat dihitung atau jumlah yang tidak dapat dipisahkan secara terpisah. Meskipun keduanya dapat digunakan untuk menyatakan jumlah yang lebih sedikit atau lebih rendah, penggunaan yang tepat akan mempengaruhi kejelasan dan makna kalimat. Penting untuk memahami perbedaan ini dan menggunakan fewer dan less dengan benar sesuai konteks. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca dalam memperkaya pengetahuan bahasa Inggris mereka.

Ayo praktikkan penggunaan fewer dan less dalam percakapan sehari-hari!

Kata Penutup

Meskipun perbedaan antara fewer dan less dapat terlihat kecil, penggunaan yang tepat dari kedua kata ini memberikan dampak yang besar pada kejelasan dan makna kalimat. Dalam bahasa Inggris, setiap kata memiliki peran dan konteks penggunaannya sendiri. Dengan memahami perbedaan antara fewer dan less, kita dapat menghindari kesalahan dalam berkomunikasi dan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kita secara keseluruhan.

Disclaimer: Artikel ini hanya bertujuan untuk memberikan informasi mengenai perbedaan fewer dan less. Pembaca disarankan untuk mengacu pada sumber yang lebih terpecaya dan melakukan penelitian lebih lanjut untuk memperdalam pemahaman mereka tentang topik ini.

Related video of Perbedaan Fewer dan Less

About Bella Putri

Sebagai seorang blogger yang berpengalaman dan profesional, saya telah mengabdikan diri pada industri kecantikan. Dengan fokus pada berita kecantikan, saya memberikan informasi terbaru tentang tren, perawatan kulit, rambut, dan tutorial makeup kepada pembaca BeautyCin News. Dengan pengetahuan mendalam dan keahlian dalam industri ini, saya berkomitmen untuk memberikan konten yang informatif, akurat, dan bermanfaat bagi para pembaca yang ingin tetap terinformasi dan terinspirasi dalam perjalanan kecantikan mereka.